Kamis, 29 Oktober 2015

SUMENEP




Sumenep Super Mantap

Kota Kelahiranku Tercinta



        Sumenep terletak di ujung timur Pulau Madura, provinsi Jawa Timur. . Kabupaten ini memiliki luas wilayah 2.093,45 km² dan populasi 1.041.915 jiwa. Walaupun tidak begitu luas tetapi Sumenep memiliki kebudayaan, makanan dan tempat wisata yang sangat beragam. Sebelum tergabung dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, Sumenep diperintah oleh Adipati ( Rato otabe Raja  ) dibawah pengaruh kerajaan-kerajaan besar yang pernah berdiri di Pulau Jawa. Adipati pertama di Sumenep adalah Arya Wiraraja.
        Sumenep Sumekar. Sumenep Karaton. Di masa Adipati banyak sekali Karaton/Istana sebagai pusat pemerintahan. Sampai akhirnya kini Sumenep berbentuk Pemerintahan bukan Kerajaan/Karaton lagi dan orang nomer 1 di Sumenep adalah Bupati Sumenep.
Sumenep jaman dahulu diperintah oleh seorang Raja ada 35 Raja yang telah memimpin kerajaan Sumenep. Dan sekarang ini telah dipimpin oleh seorang Bupati.
        Sumenep memiliki semboyan “Sumekar”, akronim “Sumenep Karaton”, karena semenjak dahulu Sumenep terdapat puluhan Keraton/Istana sebagai pusat pemerintahan sang Adipati. Sumenep mempunyai branding wisata “Sumenep The Heart Purity”. Sumenep juga dijuluki sebagai Pulau Garam karena hasil garamnya yang melimpah.
Sumenep mempunyai beragam kebudayaan, yaitu :
 

1.Museum Keraton Sumenep merupakan museum yang dikelola oleh pemerintah daerah Sumenep yang di dalamnya menyimpan berbagai koleksi benda-benda cagar budaya peninggalan keluarga Karaton Sumenep dan beberapa peninggalan masa kerajaan hindu budha seperti arca Wisnu dan Lingga.

Keraton Sumenep merupakan peninggalan pusaka Sumenep yang dibangun oleh Raja/Adipati Sumenep XXXI. Letaknya didepan Museum Keraton Sumenep.
 

2. Masjid Jamik Sumenep merupakan bangunan yang mempunyai arsitektur yang khas, memadukan berbagai kebudayaan menjadi bentuk yang unik dan megah.

3.  Bahasa Madura adalah bahas yang digunakan sehari-hari oleh masyarakat sumenep dalam berkomunikasi.

4.  Selain yang diatas Sumenep juga memiliki Wisata Religi salah satunya yang sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah Asta Tinggi Sumenep.

5.  Makanan khas Sumenep sangat beragam macam salah satunya adalah soto madura.

Soto Madura, Soto Sumenep, Soto ini disajikan dan dimakan dengan singkong, tauge goreng, bihun, bawang daun, bawang goreng, lontong, daging sapi atau usus sapi.
Dan masih banyak lagi makanan ciri khas sumenep madura, Rujak Cingur Sumenep, Kaldu Kokot, Kalsot (kaldu soto), Lontong Campor, Apen Parsanga, Man reman, Macho, Pattola, Mento, Nasi Jagung Kuah Maronggi ( daun kelor ), Kripik, Singkong, Jubada, Rengginang Lorjuk, Pokak Saripah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar